CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Senin, 15 September 2008

Magnet Dengan Kekuatan Super Sedang Dibuat

Para ilmuwan di AS saat ini sedang membangun sebuah magnet dari daya listrik (elektromagnet) dengan kekuatan sekitar dua juta kali kekuatan magnet yang ada pada lemari es. Namun pembangunan ini tidaklah mudah karena dengan tekanan sebesar itu, maka para ilmuwan harus menghadapi resiko yang tak kecil juga.

Magnet ini terdiri dari serangkaian kumparan dengan berat total sekitar 18.000 pound atau setara dengan 8.164 kg. Kumparan ini akan mendapat daya listrik dari generator dengan kekuatan sekitar 1.200 megajoule.

Konstruksi magnet ini akan terdiri dari dua bagian. Bagian luar berbentuk silinder berdiameter 1,5 meter dengan tinggi sekitar 1,5 meter juga. Silinder padat ini akan dilubangi di bagian tengahnya sekitar 8 inci. Di dalam lubang berdiameter 8 inci inilah sembilan kumparan yang terbuat dari tembaga yang diperkuat dengan kawat perak dengan diameter 100 atom diletakkan.

Tekanan yang dihasilkan bagian dalam ini setara dengan 200 batang dinamit yang diledakkan secara bersamaan atau sama dengan 30 kali tekanan di dasar samudera. Tak banyak bahan yang sanggup menahan tekanan sebesar itu termasuk bahan pembuat magnet ini. Namun para ilmuwan berharap bahwa bagian dalam yang berharga sekitar US$20 ribu ini akan bisa bertahan hingga 100 pulse sementara bagian luar yang diperkirakan menghabiskan biaya sekitar US$8 juta bisa bertahan hingga 10.000 pulse.

Magnet ini akan menghasilkan daya sekitar 90 tesla. Ini bukan daya yang kecil. Gaya grafitasi bumi hanya memiliki kekuatan sekitar 50 microtesla sementara MRI (Magnetic Resonance Imaging) memiliki kekuatan tak lebih dari 1,5 tesla saja. Para ilmuwan berharap dalam waktu satu bulan mereka akan mampu menghasilkan elektromagnet dengan kekuatan sekitar 100 tesla.

Secara teknis mungkin ini bukan pertama kalinya manusia membuat magnet dengan kekuatan sebesar itu. Elektromagnet dengan kekuatan 1.000 tesla bahkan sudah pernah dibuat sebelumnya. Namun itu semua hanya dapat digunakan satu kali saja. Para ilmuwan ini berharap bisa membuat elektromagnet dengan kekuatan besar namun dapat digunakan berkali-kali sehingga dapat sangat menghemat biaya.

Namun seperti disampaikan salah satu berita yang dimuat Discovery Channel hari Kamis (11/09/08) bahwa percobaan ini akan sangat berbahaya sehingga saat diaktifkan nanti, gedung tempat percobaan ini dilakukan harus dalam keadaan kosong. Para ilmuwan khawatir bila terjadi kesalahan yang akan mengakibatkan ledakan yang sangat besar. (ahn/roc)

0 komentar: